Selasa, 05 Oktober 2010

BlankOn 6.0 Ombilin

BlankOn 6.0 ombilin

BlankOn 6.0 (Ombilin) merupakan versi terbaru distribusi BlankOn. Distribusi ini dikembangkan oleh Yasasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. BlankOn merupakan distribusi khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia, serta aplikasi menarik lainnya.
Nama kode Ombilin diambil dari Nama daerah di Padang Sumatera Barat, tempat PLTU Ombilin, prasasti Ombilin, sungai Ombilin yang berhulu sungai di Danau Singkarak.
Yang Baru di Ombilin
Ombilin mempunyai beberapa fitur aplikasi yang memudahkan Anda untuk membantu pekerjaan setiap hari, menikmati hiburan, behubungan melalui fasilitas internet sampai aplikasi pendidikan.
blankon-desktop
Aksara Nusantara
Ombilin mendukung empat jenis Aksara Nusantara, yaitu Aksara Bugis, Aksara Batak Toba, Aksara Bali dan Aksara Sunda. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Bali dan Sunda merupakan penambahan terbaru di versi ini.
aksara nusantara
Kamus Cepat Stardict
Ombilin menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.

stardict
Peramban Web Chromium
Ombilin menyertakan peramban web Chromium untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman.

chromium
Pemutar Lagu Exaile
BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, inskcape, dan sebagainya.

exaile
Modem USB Flip=Flop
Akhir-akhir ini sedang booming modem USB flip-flop di mana para pengguna takut jika usb modem mereka tidak terdeteksi di berbagai macam distribusi linux. Ombilin mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Tancap modem dan Anda siap berselancar di Internet dengan Ombilin.

Album Foto Shotwell
Ombilin menyediakan program album foto Shotwell yang memudahkan Anda dalam mengatur puluhan bahkan ratusan ribu foto digital dalam komputer Anda. Anda dapat dengan mudah pula mengirim foto-foto tersebut ke layanan album foto populer di Internet baik Flickr, Facebook, maupun Picasa.

shotwell
TuxTyping
Anda dapat melatih kemampuan Anda dalam mengetik dengan menggunakan program TuxTyping. Si kecil di keluarga Anda juga dapat mencobanya.

Lumbung Paket Blankon
Sejak Ombilin, lumbung paket (repository) Ubuntu tidak lagi diperlukan. Pengguna BlankOn hanya membutuhkan lumbung paket yang disediakan oleh BlankOn sendiri. Semua paket yang ada pada lumbung Ubuntu masih tersedia di lumbung BlankOn, jadi Anda sama sekali tidak perlu (bahkan tidak disarankan) untuk memasang lumbung paket Ubuntu pada instalasi BlankOn Anda.

Arsitektur Amd64
Sejak Ombilin, arsitektur AMD64 kembali didukung oleh BlankOn setelah sebelumnya pasif. Kini Anda dapat memaksimalkan kemampuan komputer 64-bit Anda dengan Ombilin.

Unduh Sekarang Juga
Ombilin dapat diunduh dari Pusat Unduhan CD BlankOn berupa Live CD. Terlepas dari apapun sistem operasi yang Anda jalankan, Live CD akan memberi keuntungan lebih, lengkap dengan aplikasi umum, semua berjalan dari drive CD Anda – hard drive Anda tidak akan disentuh sama sekali. Dan Apabila Anda menginginkan BlankOn Ombilin berjalan dengan kecepatan penuh maka pasang BlankOn Ombilin ke komputer Anda.

Pengguna lama BlankOn versi sebelumnya juga dapat menaikkan versi ke versi 6 melalui program Synaptic yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar