Rabu, 03 November 2010

PENEMUAN ARCA BARU DI BLITAR

Setelah ditemukannya peninggalan sejarah berupa candi di daerah bendosewu Talun Blitar yang sampai saat ini belum selesai pemugaran atau penggaliannya, beberapa hari yang lalu di desa Kalipucung kecamatan Sanankulon, Pak Kasim yang sehari-harinya bekerja membuat BANON (batu bata merah) menemukan beberapa patung atau arca di tempat beliau bekerja membuat banon tersebut. Arca yang kebanyakan berupa dewa atau tokoh-tokoh yang didewakan semasa pembuatannya itu terbuat dari bata merah. Jumlahnya cukup banyak dan besarnya arca-arca itu sebesar paha orang dewasa. Saat ini, arca-arca hasil temuan Pak Kasim, dipindahkan dihalaman rumah Pak Mujito sebagai pemilik lahan dimana Pak Kasim membuat Banon, sekaligus beliau adalah kakak kandung Pak Kasim. Di lokasi tempat ditemukanya arca-arca tersebut juga terdapat Lingga yang konon ceritanya, sempat di pindah oleh warga tapi beberapa saat kemudian Linga tersebut kembali ke tempat semula.

Demikian juga cerita-cerita mistis tentang warga sekitar yang sering bertemu atau lebih tepatnya bertabrakan dengan sesosok bayangan ketika melintas di sekitar area tersebut namun ketika dicermati bayangan tersebut sudah tidak terlihat lagi.

Sebenarnya sudah lama di tempat kerja Pak Kasim itu ditemukan batu bata merah kuno, selain tebal juga terlihat masih kokoh. Tapi baru sekarang ditemukan arca-arca setelah sekian tahun Pak Kasim menggali tanah sebagai bahan banonnya.

lingga

Menurut Pak Mujito dengan alasan untuk menjaga dan mengamankan arca dari pihak-pihak yang tidak dinginkan arca-arca itu dipindahkan ke halaman rumahnya. Besar harapannya agar segera ada tindaklanjut dari pihak dinas terkait untuk segera mengambil keputusan, apakah arca-arca akan dibawa ke Trowulan atau justru akan disusun kembali di tempat semula, sampai tulisan ini kami turunkan, belum ada konfirmasi yang jelas dari dinas terkait, ungkap Pak Mujito. Belum lagi identifikasi serta kemungkinan penggalian yang lebih besar lagi.

Sementara bila anda ingin melihat arca-arca itu secara dekat, rumah Pak Mujito ada di Dusun Sumberbuntung, selatan Kantor Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, kurang lebih 300 meter. Lokasi tempat ditemukannya ada di persawahan milik Pak Mujito sekitar 100 meter dari rumah beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar